Akmi Baturaja

Sabtu, 30 November 2013

Cara Mengetahui Peluang Usaha Disekitar Kita

        Jumlah penduduk Indonesia yang berwirausaha saat ini baru mencapai angka 0,18 persen dari jumlah 2,38 juta penduduk Indonesia hal ini berdasarkan data yang tercatat oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Idealnya, supaya Indonesia bisa berdaya saing tinggi dibutuhkan paling sedikit 2 persen dari 238 juta orang penduduk Indonesia atau sekitar 4,76 juta orang wirausaha baru dengan beragam profresi dan keahlian
Maka dari hal itu peran Mahasiswa lulusan S1 dari berbagai bidang sangat diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja. Dalam menciptakan lapangan kerja bisa sambil jadi karyawan di perusahaan orang lain dulu untuk mematangkan mental dan kemampuan dalam menjalankan roda bisnisnya atau langsung terjun ke dunia wirausaha tanpa sambil bekerja di perusahaan orang lain.

     Padahal kita masih menyadari sampai saat ini masih sangat minim Perguruan Tinggi yang membekali Mahasiswanya ilmu dan skill kewirausahaan. Sehingga tidak jarang lulusan S1 banyak yang takut langsung terjun ke dunia wirausaha mengingat mental yang belum matang, terlalu banyak pertimbangan, terlalau lama menganalisa, dan tidak memiliki kemampuan cara mengetahui peluang usaha disekitar kita.
         Lalu dimanakah anda akan menemukan peluang usaha tersebut. Permasalahan ini dapat kita mulai dengan memperhatikan lingkungan dan kondisi di sekitar kita. karena biasanya peluang usaha itu ada di sekitar kita. Namun sayangnya, kebanyakan orang yang berusaha mencari sebuah peluang usaha baru, selalu berpikir terlalu muluk-muluk dan berorientasi terlalu jauh pada ekspektasi mereka akan sebuah peluang usaha. Padahal peluang usaha yang menjanjikan itu, selalu berasal dari sebuah pemikiran sederhana dengan pengelolalan yang cemerlang. Dan bahkan ide- ide peluang usaha tersebut kadang bukanlah sesuatu yang terpikirkan oleh orang lain sebagai sebuah peluang menguntungkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar