Akmi Baturaja

Sabtu, 30 November 2013

Cara Mencari ide Peluang Usaha Baru

           Menciptakan dan mencari jenis usaha baru, tentu dibutuhkan ide kreatif dan tertentunya jiwa wirausaha dalam prbadi seseorang. Dalam mencari serta memanfaatkan peluang bisnis diperlukan modal berupa kemampuan diri. Beberapa hal mendasar berikut bisa menjadi pegangan kita untuk mengambil keputusan dalam mencari dan melihat peluang bisnis.

A. PENGETAHUAN

          Pengetahuan bisa diartikan sebagai informasi yang kita miliki. Semakin banyak informasi maka semakin banyak pula peluang yang bisa kita lihat yang akhirnya kita akan bisa memilih manakah kira-kira bisnis yang bisa dijalankan sesuai kemampuan. Berikut adalah tingkatan pengetahuan dalam melihat peluang bisnis maupun usaha:
Pengetahuan dasar. Pengetahuan dasar mencakup hal-hal yang umum, biasanya diajarkan cukup sekali langsung bisa mempraktekkan, seperti mencuci, memasak, dsb.
Pengetahuan menengah. Pengetahuan ini sangat perlu diajarkan berulang-ulang dalam beberapa waktu. Contohnya mengoperasikan komputer, belajar mengendarai mobil dsb.
Pengetahuan khusus (keahlian). Pengetahuan ini butuh pelatih, guru, atau pembimbing yang berpengalaman serta mempunyai keahlian khusus. Sebagai contoh, dokter spesialis jantung yang akan praktek dibantu oleh dokter jantung yang sudah profesional. Selain diajarkan secara formal, pengetahuan khusus dapat kita pelajari sendiri tanpa harus mengikuti pendidikan formal, misalnya belajar melukis, belajar internet marketing dsb.
Jika dalam melihat peluang bisnis kita sudah memiliki satu atau semua pengetahuan seperti di atas, maka kita siap meraih peluang bisnis tersebut. Semakin kita punya banyak pengetahuan, maka pengalaman yang akan kita peroleh juga semakin banyak jika mau untuk mencobanya.

B. MENTAL

           Sikap mental amat penting dalam mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis maupun. Mentalitas adalah salah satu faktor untuk mencapai suksesnya dalam menjalankan bisnis. Mental juga diidentikkan dengan faktor emosional. Misalnya suatu kasus, kita pernah mengalami suatu kondisi dalam perasaan takut, was-was, dan bayangan negatif lainnya. Untuk menghilangkannya kita bisa menanamkan dalam alam bawah sadar kita bahwa semuanya akan baik-baik saja. Berpikirlah untuk di luar “kotak” sehingga kita dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang yang akan memudahkan dalam mengambil keputusan serta menghadapi setiap problem. Dan pada akhirnya perasaan negatif tersebut akan berlalu.

C. ATTITUDE

          Faktor yang membentuk mentalitas adalah sikap. Jika kita bersikap pesimis, negatif thinking, dan semua sikap negatif lainnya maka kita tak bisa melihat peluang bisnis yang bagus karena mental kita sudah jatuh. Namun apabila kita bersikap positif thinking, penuh semangat dan sikap positif lainnya maka mental kita akan merasa yakin bahwa kita akan mampu melewati semua hambatan dalam melihat dan menjalankan peluang bisnis tersebut. Satu point penting lainnya adalah kita tidak perlu takut untuk mencoba dengan sikap yang penuh optimis dan jangan pernah takut gagal. Justru dari kegagalanlah kita jadi tahu mana yang perlu dan tidak perlu dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar