Akmi Baturaja

Sabtu, 30 November 2013

Acuan Cara Mengetahui Peluang Usaha Disekitar Kita

Yang tidak terduga

       Banyak hal yang merupakan sumber peluang yang tidak terduga. Satu contoh positif, bahwa yang tidak terduga akan membawa peluang usaha atau mungkin berinovasi ketika seseorang melakukan pelatihan SDM pada sebuah perkebunan. Salah satu jenis komoditinya adalah kopi. Berdasarkan cerita dari karyawan yang ikut pelatihan tersebut dikatakan bahwa komoditi kopi selama ini terus merugi, kecuali satu hal yaitu ketika terjadi krisis moneter dimana rupiah terdepresiasi. Krisis menoter bagi sebagian pihak merupakan petaka namun hal ini justru menjadi yang tak terduga dalam meraih keuntungan. Tetapi baru sebatas meraup keuntungan dan belum dalam masuk dalam taraf berinovasi.

Inovasi berdasarkan kebutuhan proses

     Inovasi di sini menyempurnakan proses yang sudah ada, menggantikan satu mata rantai proses yang lemah, atau merancang kembali proses yang lama yang sudah ada. Layanan satu atap yang dipelopori oleh pemerintah daerah Kabupaten Sidoarjo dan disusul oleh Pemkab Sragen adalah contoh pemangkasan waktu untuk memperoleh ijin usaha di dua wilayah tersebut. Kecepatan dalam memberikan ijin ini berkorelasi positif dengan jumlah investor yang menanamkan modalnya. Dalam hal ini proses yang dirasakan tidak perlu dipangkas atau dengan kata lain disederhanakan.


Perubahan persepsi, mood, dan makna

      Perubahan persepsi merupakan sumber peluang inovasi. Dengan meningkatnya sebagian daya beli masyarakat maka persoalan makan bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan dasar saja. Masyarakat membutuhkan suasana nyaman. Oleh karena itu, di beberapa wilayah tumbuh rumah makan berkelas internasional atau menggunakan konsep alami dengan harga yang cukup mahal.
Demikian juga dengan konsep kecantikan bagi wanita. Menurut persepsi wanita, wanita yang cantik adalah yang berkulit putih. Hal ini ditangkap oleh berbagai rumah kecantikan dengan memberikan layanan memutihkan wajah.

Perubahan struktur industry atau struktur pasar

     Oleh karena waktu menjadi sangat berharga, maka konsep one stop service menjadi strategi bisnis yang banyak dilakukan oleh pelaku pasar. Sekarang ini, jasa dokter tergabung dalam layanan kesehatan yang lain yaitu laboratorium medik dan apotik, sehingga dalam satu waktu pasien mendapatkan serangkaian dari layanan kesehatan.
Demikian juga dengan konsep mall atau plaza yang menyediakan ruang-ruang untuk seluruh kebutuhan manusia dari supermarket, peralatan elektronik, sampai dengan layanan kebugaran, hiburan dan kesehatan.

Perubahan demografi

    Perubahan demografi didefinisikan sebagai perubahan penduduk dalam jumlah, struktur umur, komposisi, jenis pekerjaan, status penghasilan, dan status pendidikan merupakan sumber peluang yang paling mudah diramalkan.
Masyarakat Yogyakarta dikenal mempunyai angka harapan hidup yang paling tinggi di atas rata-rata nasional. Dengan demikian manula di tahun-tahun yang akan datang di Yogyakarta jumlahnya akan semakin meningkat. Kebutuhan khusus untuk manula seperti layanan kesehatan menjadi sumber peluang inovasi. Dan kebutuhan tempat tinggal pun bisa jadi peluang bagi pelaku developer property, tidak kalah juga hal ini bisa jadi peluang bagi pelaku kuliner mengingat di Yogyakarta banyak pendatangnya.

Pengetahuan yang baru

    Beberapa perusahaan dengan devisi penelitian dan pengembangan, secara terus menerus mengembangkan produk dan layanan yang baru. Pengembangan berdasarkan riset ini membutuhkan waktu lama dan biaya yang besar. Nah peluang yang bisa diambil salah satunya ialah perusahaan yang bergerak khusus dalam jasa riset pasar. Hasil dari riset pasar dapat dijual kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkannya.
Tentunya selain pemaparan Peter Drucker masih banyak skill cara mengetahui peluang usaha disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar